Pengertian & Karakteristik Media Online

Pengertian & Karakteristik Media Online
Media online (online media) adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet.

Semua sarana atau saluran komunikasi yang ada di internet atau hanya bisa diakses melalui koneksi internet disebut media online --sarana komunikasi secara online.

Yang dimaksud media online di sini adalah media komunikas massa online di internet, terutama situs berita atau website berisi informasi aktual layaknya suratkabar.

 Pengertian Media Online

  • Hanya Ada di Internet. Media online (online media) adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet.
  • Media Baru. Media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku-- dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video.
  • Sarana Jurnalistik Online. Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet” (wikipedia).
  • Basis Komputer & Internet. Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email.
  • Multimedia. Isi media online terdiri: Teks, Visual/Gambar, Audio, dan Audio-Visual (Video).

Karakteristik Media Online

  • Unlimited Space. Kapasitas luas --halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
  • Real Time & Flexible. Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
  • No Deadline. Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
  • Speed. Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
  • Wide Audience. Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
  • Actual. Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
  • Update. Pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
  • Interactive. Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
  • Storage. Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
  • Links. Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.*
0 Comments for "Pengertian & Karakteristik Media Online"

Back To Top